Laman

Thursday, January 10, 2013

Apalah Arti Sebuah Nama ??

Nama saya Glory Nataly Lengkong, pasti kalian fikir saya non-muslim? pasti.. secara nama saya kristiani sekali ;) tapiiii, saya adalah seorang muslim sejak lahir :) entah mengapa ayah saya memberi nama seperti itu, saya mulai bertanya sama ayah saya mengapa beliau memberi nama saya seperti itu, lantas beliau menjawab " nama kamu itu artinya bagus sekali, GLORY itu kejayaan/kemenangan NATALY itu karna kamu lahir pada malam natal dan LENGKONG itu fams kita " saat itu usia saya masih 7tahun belum begitu memahami arti nama yang baik itu seperti apa dalam islam. Umur saya sekarang sudah 18tahun, suatu saat saya sedang membeli pop ice, dan mbak mbak itu membaca name tag saya di seragam saya, lalu dia bertanya :
Q : Nama kamu glory?
A : Iya mbak.
Q : Oh...
A : Tapi saya islam mbak :)
Q : Hah? *kaget*
A : Iya, saya islam sejak lahir .
Q : Waduh berat ya, maaf ya sebelumnya, mbak pernah baca buku tentang islam gitu, tentang arti nama, dan biasanya nama nama yang seperti kamu ini di panggilnya itu terakhir sama Allah.
A : Apa? Maksudnya gimana mbak?
Q : Iya, jadi gini. misalnya nama temen kamu nih khoirin itu kan nama islam banget kan, dia pasti lebih dulu di panggil nanti saat penghitungan amal itu, kamu pasti di longkap karna nama kamu bukan nama islam say. gitu sih menurut yang mbak baca. dan kamu tau 1tahun kamu di lewat itu beribu ribu hari kamu menunggu di panggil dari sekian banyak nama yang islami. kebayang ga tuh?
A : Ah masa sih mbak, terus nasib saya gimana mbak?
Q : Mumpung kamu belum nikah, lebih baik kamu ganti nama kamu say, kasian kamunya nanti.

Singkat cerita,
Setelah denger cerita dari mbak itu saya jadi berfikir, apa iya yang dikatakannya tadi. Selama ini selama 18tahun saya menyandang nama itu, memang agak ngebatin, nama saya memang banyak yang menyukai tapi mereka yang menyukai itu dari kalangan non-muslim, lantas bagaimana dengan nasib saya nanti jika memang benar yang dikatakan mbak itu tadi. Berat rasanya untuk bilang sama orangtua saya, karna saya tidak ingin membuat mereka kecewa, apalagi ayah saya, dia yang memberi nama itu. Memang dulunya ayah saya itu Kristen, beliau mua'laf karna menikahi ibu saya. Mungkin beliau tidak ingin keturunan kristennya hilang atau gimana saya kurang paham, makanya dari anak anak ayah dan ibu saya yang paling kristiani namanya hanya saya dan kaka saya, yang kebetulan lahirnya sama sama malam natal tanggal 24 desember, dan perbedaan umur saya dan kaka saya cukup jauh, yaitu 7tahun, entah mengapa kami bisa lahir di tanggal dan bulan yang sama, mungkin sudah takdir dari Allah S.W.T

Berat melepas nama ini, karna selama 18 tahun ini saya di kenal lewat nama itu, mempunyai banyak teman dan banyak sejarah dengan nama itu. Lantas apa yang terbaik untuk saya? Haruskah saya mengganti nama saya?


No comments:

Post a Comment